MACAM-MACAM SITEM OPERASI PADA KOMPUTER

Home » » MACAM-MACAM SITEM OPERASI PADA KOMPUTER

BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Pada saat ini hampir semua orang sudah menggunakan system operasi windows sebagai system operasi di computer mereka. Hampir semua orang sudah tahu tentang system operasi windows, cara instalasinya, aplikasinya dan lain – lain.
Mungkin bagi masyarakat di Negara maju seperti jepang, amerika,bahkan dll. Sudah mengenal berbagai macam Windows serta system operasi. Tetapi bagaimanakah dengan masyarakat di Negara – Negara berkembang seperti Indonesia? Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia masih banyak yang gagap teknologi, hanya sebagian kecil saja yang memiliki wawasan yang luas dalam bidang IT.
Untuk itu beberapa orang mencoba untuk mengambil sedikit andildalam perkembangan dunia pendidikan di bidang IT di Negara tercinta ini (Indonesia), pada kesempatan ini saya mencoba untuk menulis beberapa windows serta system operasi dalam makalah ini saya memaparkan tentang sejarah windows serta system operasi dan lain sebagainya.

2.      Rumusan Masalah
-         Mengidentifikasi system operasi dan macam – macam windows

3.      Tujuan
-         Siswa – siswi dapat mengetahui berbagai macam system operasi dan macam – macam windows.







BAB II
Pembahasan

A.    Windows NT
 














Selama waktu itu, Microsoft terus melanjutkan pengembangan sistem operasi yang barunya, yang disebut dengan Windows NT. Arsitek utama dari Windows NT adalah Dave Cutler, yang merupakan salah satu dari pemimpin arsitek sistem operasi VMS di perusahaan Digital Equipment Corporation (DEC), yang kemudian dibeli oleh Compaq yang sekarang bagian dari Hewlett-Packard. Microsoft merekrut Cutler pada tahun 1988 untuk membuat sebuah versi OS/2 yang bersifat portabel, tapi akhirnya Cutler malahan membuat sistem operasi baru.

Sebelum pindah ke Microsoft, Cutler sebenarnya sedang membuat sebuah sistem operasi penerus VMS di DEC, yang disebut dengan Mica. Dan pada saat petinggi DEC menggagalkan proyek tersebut, ia keluar dari DEC dan membawa banyak pekerja ahli bersamanya ke Microsoft. DEC memiliki keyakinan bahwa Cutler membawa kode Mica untuk digunakan oleh Microsoft dan menuntutnya. Akhirnya, Microsoft pun kalah dan pada akhirnya disuruh membayar 150 juta dolar Amerika dan memiliki kesepakatan untuk mendukung chip CPU baru buaan DEC, DEC Alpha, yang kala itu tercatat sebagai sebuah chip tercepat, agar dapat berjalan di dalam Windows NT.

Windows NT 3.1 (bidang pemasaran Microsoft menghendaki Windows NT agar terlihat sebagai kelanjutan dari Windows 3.1) akhirnya muncul pertama kali dalam bentuk Beta bagi para pengembang perangkat lunak pada bulan Juli 1992 dalam sebuah perhelatan Professional Developers Conference (PDC) yang dilangsungkan di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Microsoft juga mengumumkan keinginannya untuk mengembangkan sebuah sistem operasi penerus bagi Windows NT sekaligus juga pengganti Windows 3.1 pada konferensi tersebut (yang diberi nama kode Chicago), yang kemudian akan menyatukan keduanya ke dalam sebuah sistem operasi yang padu. Sistem operasi tersebut diberi nama Cairo.

Ternyata Cairo merupakan sebuah proyek yang lebih rumit dibandingkan apa yang telah diantisipasi oleh Microsoft, dan hasilnya NT dan Chicago tidak "bersatu" sampai Windows XP diluncurkan. Selain itu, bagian-bagian Cairo belum muncul di dalam sistem operasi Microsoft Windows hingga saat ini. Contohnya adalah subsistem WinFS, yang merupakan implementasi dari Object File System di dalam Cairo, memang sempat dikerjakan oleh Microsoft dalam beberapa waktu, tapi pada akhirnya Microsoft mengumumkan bahwa mereka menghentikan pengembangan WinFS dan akan menggabungkan teknologi yang dikembangkan untuk WinFS di dalam produk dan teknologi Microsoft yang lainnya, khususnya adalah Microsoft SQL Server.

Dukungan device driver untuk Windows NT juga kurang begitu banyak karena memang mengembangkan driver untuk Windows NT dianggap rumit oleh beberapa pengembang, selain tentunya Windows NT juga memiliki superioritas dalam model abstraksi perangkat kerasnya. Masalah ini telah menghantui semua versi Windows NT hingga Windows NT 5.0 (Windows 2000) keluar ke pasaran. Para programmer pun mengeluh bahwa mengembangkan device driver untuk Windows NT adalah sesuatu hal yang rumit, dan para pengembang perangkat keras juga tidak mau mengambil risiko untuk mengembangkan device driver untuk sebuah sistem operasi yang memiliki pangsa pasar terbatas. Selain itu, meskipun Windows NT menawarkan performa yang baik dan mampu mengekspolitasi sumber daya sistem secara lebih efisien, dalam beberapa sistem dengan perangkat keras terbatas, Windows NT dianggap sebagai sistem yang boros sumber daya. Hal ini mengakibatkan munculnya opini publik bahwa Windows NT hanya cocok untuk mesin-mesin yang besar dan juga jauh lebih mahal (seperti halnya workstation dengan DEC Alpha atau Intel Pentium yang kala itu memang masih baru). Windows NT juga tidak dapat bekerja untuk pengguna pribadi karena kebutuhan sumber dayanya yang tinggi. Selain itu, GUI yang digunakannya hanyalah salinan dari GUI Windows 3.1, yang masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Workplace Shell milik OS/2, sehingga alasan Windows NT merupakan pengganti bagi Windows 3.1 tidaklah masuk akal.

Akan tetapi, fitur-fitur tersebutlah yang membuat Windows NT pilihan yang sempurna untuk pangsa pasar server jaringan lokal (LAN), yang pada tahun 1993 sedang mengalami booming besar-besaran, seiring dengan komoditas jaringan di dalam kantor telah meningkat secara drastis. Fitur-fitur jaringan dalam Windows NT menawarkan beberapa pilihan konektivitas jaringan yang luas dan juga tentunya sistem berkas NTFS yang efisien. Windows NT 3.51 merupakan primadona Microsoft saat terjun ke pasar ini, yang kemudian mengambil alih sebagian besar pangsa pasar yang sebelumnya dimiliki oleh Novell Netware beberapa tahun ke depan.

Salah satu peningkatan terbesar dari Windows NT adalah Application Programming Interface (API) 32-bit yang baru, yang dibuat untuk menggantikan Windows API 16-bit yang sudah lama. API 32-bit ini dinamakan dengan Win32 API, dan dari sanalah Microsoft menyebut API 16-bit yang lama sebagai Win16. Win32 API memiliki tiga buah implementasi utama: satu untuk Windows NT (yang merupakan Win32 API terlengkap dengan dukungan ANSI ataupun Unicode), satu untuk Win32s (yang merupakan bagian dari Win32 yang dapat digunakan di atas sistem Windows 3.1), dan juga satu lagi untuk Chicago (yang hanya mendukung ANSI). Hal ini menyebabkan kompatibilitas yang tinggi antara Chicago dan Windows NT, meskipun pada dasarnya kedua sistem tersebut adalah sangat jauh berbeda jika dilihat dari arsitektur dasarnya.

Windows NT merupakan sistem operasi Windows pertama yang dibuat dengan menggunakan kernel hibrida, setelah pada versi-versi sebelumnya hanya menggunakan kernel monolithic saja.

B.     Windows 95
 











Microsoft mulai memulai pengembangan sebuah versi Windows yang berorientasi kepada pengguna yang diberi nama kode Chicago. Chicago didesain agar mmeiliki dukungan terhadap multitasking secara pre-emptive 32-bit seperti halnya yang terdapat di dalam OS/2 dan Windows NT, meskipun kernel 16-bit masih terdapat di dalamnya demi alasan kompatibilitas ke belakang. Win32 API yang pertama kali diperkenalkan pada Windows NT pun diadopsi sebagai sebuah standar antarmuka pemrograman baru yang berbasis 32-bit, dengan kompatibilitas Win16 juga dipertahankan dengan menggunakan sebuah teknik yang dinamakan dengan "thunking". GUI yang baru juga dimiliki oleh sistem operasi, meskipun pada awalnya Microsoft tidak merencanakannya sebagai bagian dari sistem operasi saat dirilis. Memang beberapa elemen antarmuka pengguna yang dimiliki oleh Cairo dipinjam dan ditambahkan kepada sistem operasi tersbut sebagai aspek lainnya dari versi itu (khususnya fitur Plug and Play).
Microsoft tidak mengganti semua kode Windows menjadi 32-bit; banyak bagian di dalamnya masih berupa 16-bit (meskipun tidak menggunakan modus real secara langsung), demi alasan kompatibilitas ke belakang, kinerja, dan waktu pengembangan. Hal ini dan fakta bahwa banyaknya kelemahan dalam desain versi-versi Windows sebelumnya, membuat sistem operasi yang baru ini terganggu efisiensi dan stabilitasnya.
Akhirnya, bagian marketing Microsoft menggunakan nama Windows 95 sebagai nama produk bagi Chicago, saat dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. Microsoft memiliki dua keuntungan dari peluncuran ini: 1) adalah mustahil bagi para konsumen untuk menjalankan Windows 95 pada sistem operasi DOS bukan buatan Microsoft yang jauh lebih murah; 2) meskipun jejak-jejak DOS tidaklah pernah dicabut dari sistem operasi tersebut, malahan versi tersebut menancapkan sebuah versi DOS untuk dimuat sebagai bagian dari proses booting, Windows 95 berjalan dengan sendirinya di dalam modus 386 Enhanced, dengan menggunakan memori virtual dan model pengalamatan memori flat 32-bit. Fitur-fitur itu menjadikan aplikasi Win32 untuk mengalamatkan RAM virtual sebanyak maksimal 2 gigabyte (dengan 2 gigabyte sisanya dicadangkan untuk sistem operasi), dan dalam teorinya mencegah aplikasi tersebut untuk mengganggu ruangan memori yang dimiliki oleh aplikasi Win32 lainnya tanpa adanya persetujuan dari sistem operasi. Dalam hal ini, memang fungsionalitas Windows 95 mendekati apa yang dimiliki oleh Windows NT, meskipun Windows 95/98/Me tidak mendukung memori melebihi 512 megabyte tanpa menyunting konfigurasi sistem yang merepotkan.
Di balik kesuksesan Microsoft, IBM terus melanjutkan pasar OS/2, dengan memproduksi OS/2 versi 3.0 dan OS/2 Warp (versi 4.0). IBM merespons keluhan yang diajukan oleh para konsumen mengenai kebutuhan perangkat keras komputer yang tinggi yang diminta oleh OS/2 versi 2.0, OS/2 versi 3.0 pun dibuat jauh lebih ramping dengan melakukan optimalisasi pada ukuran dan kecepatan. Sebelum Windows 95 dirilis, OS/2 Warp 3.0 bahkan telah dibundel dalam beberapa penyedia perangkat keras mayor di Jerman. Akan tetapi, dengan dirilisnya Windows 95, OS/2 lagi-lagi kehilangan pangsa pasarnya kembali, diambil alih oleh Windows 95.
Mungkin tidak mungkin untuk mencari tahu apa alasan mengapa OS/2 gagal dalam mendapatkan pangsa pasar yang besar. Walaupun OS/2 terus dapat menjalankan aplikasi
Windows 3.1, sebenarnya sudah tidak ada yang kekurangan lagi, kecuali pada sebagian kecil dari Windows API yang disebut Win32s. Tidak seperti Windows 3.1, IBM tidak memiliki akses terhadap kode sumberWindows 95 dan tidak mau menggunakan waktu dan sumber daya yang ada untuk melakukan emulasi terhadap Win32 API. IBM juga memperkenalkan OS/2 pada kasus Amerika Serikat versusMicrosoft, dengan menyalahkan taktik marketing pada bagian Microsoft, tapi banyak orang mungkin setuju bahwa masalah di dalam bagian marketing IBM lah dan dukungannya yang sangat kurang dari para pengembang perangkat lunak yang meyebabkan kegagalan-kegagalan OS/2.
Sebelum menggantinya dengan versi Windows yang baru, Microsoft merilis Windows 95 dalam lima versi berbeda, yakni sebagai berikut:
·         Windows 95 - rilis yang sebenarnya dari Windows 95
·         Windows 95 A - mencakup pembaruan Windows 95 Original Service Release 1 (OSR1) yang dimasukkan secara langsung terhadap instalasi.
·         Windows 95 B - mencakup beberapa pembaruan mayor lainnya, seperti halnya sistem berkas FAT32, dan Internet Explorer 3.0. Versi ini juga dikenal dengan Windows 95 OSR2, atau banyak orang di Indonesia menyebutnya sebagai Windows 97.
·         Windows 95 B USB - atau Windows 95 OSR2.1 merupakan versi Windows 95 yang menawarkan dukungan terhadap perangkat keras berbasis bus Universal Serial Bus/USB.
·          Windows 95 C - atau Windows 95 OSR2.5 mencakup semua fitur di atas, ditambah Internet Explorer 4.0. Versi ini merupakan versi yang paling terakhir dirilis dari seri Windows 95.
Windows 95 OSR2, OSR2.1 dan OSR2.5 tidaklah dirilis untuk publik, akan tetapi hanya kepada OEM saja yang mau menggunakan sistem operasi tersebut ke dalam komputer buatannya. Beberapa perusahaan OEM bahkan menjual hard disk baru dengan sistem operasi Windows 95 OSR2 di dalamnya. Selain fitur yang terkandung di dalam Windows 95, Microsoft juga memperkenalkan Microsoft Plus! for Windows 95 yang mencakup beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Windows 95

C.    Windows 98

                  Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98. Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95. Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

 












  Windows 98 mengundang kontroversi saat Microsoft memasukkan penjelajah web Microsoft Internet Explorer ke dalam sistem operasi dan tidak dapat dicabut, sehingga menjadikan Windows Explorer dan GUI Windows mampu menampilkan direktori seolah-olah halaman web. Hal ini membuka kasus baru, yang disebut sebagai Amerika Serikat versus Microsoft, yang menanyakan mengapa Microsoft repot-repot menjaga dominasinya di dalam sistem operasi komputer pribadi untuk berkompetisi dengan para pesaingnya seperti Netscape dan IBM dengan cara yang tidak jujur.
  Pada tahun 1999, Microsoft merilis Windows 98 Second Edition, sebuah rilis yang menawarkan banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Internet Connection Sharing, yang merupakan sebuah bentuk dari Network Address Translation, yang mengizinkan beberapa mesin di dalam sebuah jaringan lokal agar dapat menggunakan satu buah jalur koneksi Internet bersama-sama pun diperkenalkan pada versi ini. Banyak masalah minor di dalam Windows yang lama telah dikoreksi, yang menjadikan Windows 98 menurut banyak orang sebagai sebuah versi Windows 9x yang paling stabil di antara semua versi Windows 9x lainnya.
D.    Windows 2000
 
















Pengertian Windows  Server 2000

              Windows 2000 Server merupakan Network Operating System (NOS) untuk melakukan konfigurasi dan manajemen jaringan baik skala kecil, menengah, maupun besar

Fungsi Windows 2000 Server

              Fungsi Windows 2000 Server Sebuah server dapat menjalankan berbagai fungsi sesuai kebutuhan bisnis. Pada organisasi skala kecil fungsi – fungsi tersebut dapat digabungkan dalam satu server dan satu komputer. Untuk organisasi besar, sebaiknya setiap fungsi dijalankan pada server terpisah sesuai dengan beban kerjanya.

              Windows 2000 Server yang melayani Domain Controller
              Windows 2000 Server Versi ini merupakan kelanjutan teknologi Windows NT Server 4.0 dengan berbagai fasilitas baru yang semakin memudahkan pengelolaan jaringan. Keluarga server Windows 2000 terdiri dari 3 jenis yaitu versi standar (Server), Advance Server, dan Data Center Server. Windows 2000 Server memiliki semua kemampuan yang ada pada versi Professional ditambah berbagai fasilitas inti yang dibutuhkan sebagai server jaringan. Versi ini dapat digunakan sebagai file dan print server, application server, web server, maupun communication server. Fasilitas penting yang dimiliki versi ini antara lain:

Ø  Dukungan untuk penggunaan 2 processor bila diinstal dengan mode clean install, atau 4 processor apabila instalasi dilakukan dengan mengupgrade Windows NT Server.
Ø  Active Directory Service untuk memudahkan pengelolaan sumberdaya dan obyek jaringan.
Ø  Sistem keamanan jaringan menggunakan Kerberos dan public key infrastructure.
Ø  Internet Connection Sharing.
Ø  Web Server dengan menggunakan Internet Information Services versi 5.0.
Ø  Windows Terminal Services untuk memudahkan administrasi jaringan dan
pemanfaatan hardware komputer lama sehingga dapat digunakan untuk berbagai
aplikasi baru.
Ø  Dukungan penggunaan RAM hingga 4 GB


Kemampuan Windows 2000 Advance Server

              Windows 2000 Advance Server memiliki kemampuan lebih tinggi dibandingkan versi standar, meliputi semua fasilitas Windows 2000 Server dengan beberapa tambahan feature penting :
 Network Load Balancing untuk meningkatkan ketersediaan server serta meningkatkan kinerj
a.

*      Windows Clustering, memungkinkan komunikasi antar server untuk bekerja sama membentuk suatu cluster sebagai satu kesatuan sistem.
*      Dukungan Symetric Multi Processing (SMP) hingga 8 processor
*      Mendukung 8 G RAM

1.      Windows 2000 Data Center Server

            Sistem ini memiliki seluruh kemampuan versi Advance dengan tambahan berbagai fasilitas :
v  SMP Scalability hingga 32 processor.
v  Mendukung physical memory sampai dengan 64 GB.
v  Fungsi clustering tingkat lanjut
            Windows 2000 Data Center Server sangat sesuai digunakan sebagai sistem operasi server bisnis skala besar seperti : Internet Service Provider (ISP) dan Web Hosting, E-Commerce server dengan fasilitas Online Analytical Processing (OLTP)
 Data warehousing dan server database skala besar
Server untuk kebutuhan riset, misalkan untuk berbagai analisis econometric. Sebuah server dapat menjalankan berbagai fungsi sesuai kebutuhan bisnis. Pada organisasi skala kecil fungsi – fungsi tersebut dapat digabungkan dalam satu server dan satu komputer. Untuk organisasi besar, sebaiknya setiap fungsi dijalankan pada server terpisah sesuai dengan beban kerjanya.

2.      File Server

Fungsi ini merupakan penggunaan paling umum dari sebuah server, dimana server digunakan sebagai pusat penyimpanan file dalam sebuah jaringan. Dengan sistem ini sistem file akan lebih terintegrasi sehingga memudahkan manajemen dan pencarian file. Sistem back up dan penyimpanan file juga dapat dilakukan dengan lebih baik. Windows 2000 Server memiliki fasilitas Distributed File System untuk memudah kan pengelolaan file dalam jaringan. Dengan sistem ini pengguna jaringan dapat dengan mudah menggunakan dan menyimpan file tanpa perlu mengetahui letak sebenarnya dari suatu file.

3.      Application Server
Apabila server digunakan untuk menyimpan dan menjalankan suatu program aplikasi, maka server tersebut bertindak sebagai application server. Aplikasi diinstal di server dan dijalankan atau diakses oleh klien. Dengan demikian aplikasi tidak perlu diinstal di klien sehingga memudahkan proses implementasi dan maintenance sistem. Windows Terminal Services merupakan fasilitas untuk memudahkan penggunaan Windows 2000 Server sebagai application server.

4.      Web Server
Web Server merupakan komputer yang digunakan sebagai host berbagai aplikasi web baik dalam lingkungan internet maupun intranet. Internet Information Service 5.0 merupakan
komponen Windows 2000 Server untuk memudahkan konfigurasi dan manajemen web site.

5. E-Mail Server
Windows 2000 Server dapat juga digunakan sebagai E-Mail server dengan menggunakan berbagai software tambahan antara lain Microsoft Exchange, Lotus Notes, maupun MDaemon. Fungsi E-Mail server dapat dianalogikan dengan kantor pos dalam sistem surat menyurat konvensional.


E.     Sejarah WINDOWS XP
              Windows XP sebelumnya dikenal dengan kode sandi "Whistler", yang mulai dikembangkan oleh para pengembang Microsoft pada pertengahan tahun 2000-an. Bersamaan dengan proyek ini, Microsoft juga tengah menggarap proyek Windows generasi baru penerus Windows Me (Millennium Edition) yang dinamakan dengan kode sandi "Windows Neptune" yang diproyeksikan sebagai "Windows NT versi rumahan".Setelah Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi kesuksesan Windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinkan dua buah sistem operasi Windows tersebut (sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x) ke dalam sebuah produk. Itulah yang kita kenal sekarang dengan Windows XP.

Edisi Windows XP muncul dalam banyak jenis:

     Windows XP Professional

            Windows XP Professional adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Selain itu, versi ini pun dibilang jauh lebih lengkap fiturnya dari pada Windows XP Home Edition. Ia bisa menjadi sebuah komputer server, meskipun hanya bisa menampung maksimal sepuluh client yang bisa login secara bersamaan.

     Windows XP Home Edition

            Windows XP Home Edition adalah sistem operasi Windows XP yang ditujukan untuk pengguna rumahan. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara Windows XP Home Edition dengan Windows XP Professional, karena basis pembuatannya yang sama. Perbedaan yang diberlakukan terhadap versi Windows ini adalah dukungan jaringan, di mana Windows XP Home Edition tidak didesain untuk sistem dengan banyak pengguna, seperti halnya Windows XP Professional. Fitur jaringan yang tidak ada pun sangat banyak, diantaranya tidak dapat bergabung dengan sistem domain Active Directory, tidak memiliki sistem berkas terenkripsi, tidak dapat menjadi sebuah server (meski mampu membuat beberapa berkas dan folder yang dikelolanya dapat digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus), dan tidak memiliki fitur Internet Connection Sharing (ICS), dan masih banyak yang lainnya. Windows XP Home Edition ditujukan untuk menggantikan versi Windows sebelumnya, yaitu Windows 98 dan Windows ME, karena kedua versi Windows tersebut tergolong ke dalam kelas Windows untuk pengguna rumahan.

     Windows XP Media Center Edition

            Windows XP Media Center Edition adalah versi Windows XP yang dibuat khusus untuk perangkat semacam Hi-Fi, dan PC yang diletakkan di ruang duduk. Pada dasarnya, Windows XP Media Center merupakan Windows XP Home Edition yang ditambahi dukungan sebagai perekam video pribadi (Personal Video Recorder).

     Windows XP Tablet PC Edition

            Windows XP Tablet PC Edition adalah versi Windows XP yang dikhususkan untuk PC yang ultra-portabel, yang dinamakan oleh Microsoft dengan Tablet PC. Bentuknya yang minimalis seperti halnya Asisten Digital Pribadi (Personal Digital Assistant atau PDA), dengan kemampuan setara notebook atau laptop. Windows XP Tablet PC Edition dibangun berbasis Windows XP Professional, yang ditambahi dengan fitur pengenalan tulisan tangan (handwriting recognizition) yang lebih baik dibandingkan dengan Windows XP Professional biasa. Pada umumnya, sebuah Tablet PC dilengkapi dengan layar sentuh.

     Windows XP Starter Edition

            Windows XP Starter Edition merupakan versi Windows XP Home Edition yang diterjemahkan ke dalam bahasa lokal masing-masing dengan menggunakan Language Interface Pack (LIP). Bahasa yang digunakannya pun beragam, mulai dari Bahasa Indonesia, Melayu, Thailand, Turki, Rusia, India, Brazil, hingga bahasa Amerika Latin (Argentina, Chili, Meksiko, Ekuador, Uruguay, dan Venezuela). Menurut berbagai sumber, Microsoft membuat Windows XP Starter Edition dengan tujuan untuk memerangi sistem operasi GNU/Linux, karena sistem operasi tersebut populer di negara-negara dunia ketiga tersebut

     Windows XP Professional x64 Edition

            Windows XP Professional x64 Edition merupakan versi Windows XP yang dikhususkan untuk prosesor dengan arsitektur x86-64. Saat ini, prosesor yang menggunakan arsitektur tersebut terbatas pada prosesor AMD dengan arsitektur AMD64 seperti Athlon 64 dan Opteron. Dari keluarga Intel ada Intel Pentium 4 dengan ekstensi EM64T (Extended Memory 64-bit Technology), dan beberapa seri dari Intel Pentium M dan D, serta beberapa varian dari keluarga Intel Core. Perbedaan dengan Windows XP Professional yang diluncurkan sebelumnya adalah pada dukungannnya terhadap akses memori lebih besar daripada 4 Gigabytes seperti pada Windows XP sebelumnya. Sebenarnya, prosesor 64-bit dari Intel maupun AMD dapat mengakses 16 Eksabyte memori, tetapi Microsoft membatasi kemampuan sistem operasi Windows ini hingga 16 Terabyte saja. Pada dasarnya, sistem operasi ini berbeda dari versi Windows XP yang lainnya, mengingat basis kode yang digunakan adalah Windows Server 2003, Standard Edition for x64, mengingat nomor versi yang digunakannya adalah 5.2.3790.



     Windows XP Professional 64-Bit Edition for Itanium

            Windows XP Professional 64-bit Edition for Itanium merupakan versi yang sangat terbatas sekali dilihat dari segi penjualannya. Akan tetapi, produk ini mendukung teknologi mikroprosesor yang sangat bagus, yaitu IA-64 yang digunakan oleh prosesor Intel Itanium dan Intel Itanium 2. Dukungan yang diberikan oleh Microsoft adalah dukungan terhadap semua fitur dari prosesor Itanium tersebut, akan tetapi karena sedikit sekali aplikasi yang didesain untuk prosesor Itanium, penyebaran produk ini sangat sedikit.


            Perbedaan fitur dari Windows XP Professional x64 Edition adalah dukungannya terhadap prosesor Itanium, dengan segala arsitektur bawaannya, seperti EFI (Extensible Firmware Interface), dan GPT (GUID Partition Table). Meskipun prosesor Itanium merupakan prosesor dengan kinerja paling efisien, Itanium tidak dapat menjalankan program yang didesain untuk Windows XP versi 32-bit maupun Windows XP x64 Edition. Ketika menjalankan program yang tidak didesain untuknya, kinerjanya pun sangat rendah.

            Aplikasi yang didukung pun sangat sedikit, dan terbatas pada aplikasi yang berguna bagi komputasi tingkat tinggi, seperti aplikasi basis data, dan aplikasi ilmiah. Jika Windows versi x64 dan 32-bit mendukung akselerasi multimedia, Windows ini tidak dibekali dengan fungsi tersebut, karena memang prosesornya tidak dibekali dengan instruksi khusus untuk akselerasi multimedia.

            Windows XP Professional 64-bit Edition telah dihentikan proses produksinya setelah Hewlett-Packard (satu-satunya produsen yang menawarkan workstation dengan prosesor Itanium) menghentikan penjualan workstation miliknya. Beberapa kalangan menilai, hal ini disebabkan karena Hewlett-Packard tidak begitu sukses dengan produk ini. Meski telah dihentikan proses produksinya, Microsoft tetap mendukung Windows XP 64-bit Edition ini hingga keseluruhan Windows XP dihentikan dukungannya oleh Microsoft.

Windows XP Professional
           
            adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Selain itu, versi ini pun dibilang jauh lebih lengkap fiturnya dari pada Windows XP Home Edition. Ia bisa menjadi sebuah komputer server , meskipun hanya bisa menampung maksimal sepuluh client  yang bisa login  secara bersamaan.

1.      REGISTRASI

            Dalam hal masalah registrasi, Microsoft Windows XP telah mengimplementasikan Windows Product Activation (WPA) dalam sistemnya. Artinya, dalam hal ini Microsoft menginginkan semua informasi tentang penggunanya. Karena dalam hal ini Microsoft memaksa penggunanya untuk melakukan registrasi dan pengguna diberi  waktu selama 14 hari untuk melakukan aktivasi. Jika aktivasi ini tidak dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah digariskan maka Microsoft Windows XP akan macet dan tidak dapat digunakan lagi. Yang paling menonjol dalam hal aktivasi ini adalah bahwa pihak Microsoft menyediakan kombinasi dari 35 angka yang terus berubah. Dalam hal ini pengguna harus memasukkan nya ke dalam Activation Mask yang telah disediakan pihak Microsoft. Jika proses ini dapat dilewati maka Microsoft Windows XP akan dapat digunakan kembali.

2.      KELENGKAPAN DRIVER

            Windows XP dibentuk dengan kompabilitas tinggi terhadap software-software yang ada sekarang. Bahkan Windows XP telah dipersiapkan untuk mendukung program-program berarsitektur  Windows  generasi sebelumnya seperti Windows 9x/Me/NT/2000. hal ini akan memberikan kemudahan dalam menggunakan software-software lama berarsitektur Windows 9x/Me/NT/2000. Namun demikian banyak juga program yang tidak bekerja dengan baik bahkan tidak mau berjalan karena adanya emulasi yang dipersiapkan oleh Windows XP ini, khususnya untuk software-software yang memiliki driver khusus untuk menjalankannya. Dari sisi hardware, tidak semua hardware kompatibel dengan sistem Windows XP. Hanya dari sisi multimedia dan kamera digital terdapat perkembangan yang mengembirakan. 

3.      PERFORMANCE YANG HANDAL

            Telah terjadi banyak perubahan dari sisi performance pada Windows XP ini. Penambahan kecepatan pada event-event tertentu, seperti saat booting, yang bahkan kecepatannya bias melampaui kecepatan booting Windows 2000.

            Feature terbaru yang tak kalah menariknya adalah bahwa kita dapat melakukan pergantian user (pada Windows generasi sebelumnya, harus menggunakan logoff), tanpa harus menutup aplikasi yang sedang aktif (hal ini tidak berlaku pada logoff), yaitu dengan menggunakan switch user. Dari sisi tampilan, terdapat desktop gaya baru dari Windows XP yang disebut dengan Luna. Gaya desktop ini berbeda total jika dibandingkan dengan desktop yang dimiliki oleh generasi Windows 9x/Me bahkan Windows 2000.

Perhatikan Gambar 1.1 berikut ini.
 










gambar : Tampilan Desktop LunaDesktop Luna tampak lebih atraktif dibandingkan dengan design desktop yang terdapat pada generasi Windows 9x/Me. Bahkan sistem Windows XP memberikan tooltips (gambar 1.2) yang dapat membantu dalam penggunaan Windows XP itu sendiri.
 









gambar : Tampilan Start MenuYang mengalami perubahan secara drastis adalah Start menu. Dari segi ukuran, Start menu pada Windows XP terlihat lebih besar. Dengan susunan icon yang dibagi menjadi 2 (dua) bagian: bagian kiri adalah icon-icon yang dijadikan shortlink bagi aplikasi user yang terakhir dijalankan.Dari sisi fleksibelitas, Windows XP juga menyediakan menu classic seperti pada generasi Windows sebelumnya, yang diperuntukkan bagi user yang tidak menyukai Luna.

 









                                                                          gambar : Tampilan Start Menu Classic


4.      FIREWALL

Dari sisi keamanan, baru pertama kali Microsoft Windows memiliki fasilitas firewall, yang dapat digunakan sebagai sistem keamanan data, yang dapat menyaring penggunaan ping, bahkan dapat membuat komputer yang digunakan tak tampak bagi port scanner yang biasa digunakan.

5.      SPESIFIKASI MINIMUM

Berikut adalah spesifikasi minimum yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk menggunakan Windows XP 

- Minimal Processor    : Pentium II 300 MHz
- RAM                         : 128 MB
 - Hard Disk                : 2 GB
Namun demikian dianjurkan untuk menggunakan komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

6.      FITUR-FITUR YANG DIMILIKIOLEH WINDOWS XP

     Interface dan tampilan yang dimiliki Windows XP asngat baik jika dibandingkan dengan generasi Microsoft Windows sebelumnya.
     Adanya penambahan pada system, yaitu Remote Assitance.
     Adanya dukungan Windows Media Player 8.0 dan Windows Movie Maker.
     Telah menggunakan Internet Explorer 6.
     Untuk pertama kali dalam sistemnya, Windows menggunakan Firewall untuk meng-handle keamanan data dalam berinternet.
     Adanya dukungan FUS (Fast User Switching).
     Mendukung Multiprocessor.
     Memiliki dukungan untuk menggunakan file dan folder offline.
     Memiliki dukungan untuk menggunakan grup dan profile bagi pengguna roaming.
     Adanya enkripsi file.
Peningkatan waktu boot termasuk pengecekan memori, searching hardware baru dan pengetesan POST BIOS.

7.      KEUNGGULAN DAN KEKURANGANWINDOWS XP

Keunggulan Windows XP :

     Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
     Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.
     Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.
     Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.
     Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.
Kekurangan Windows Xp :
     Pihak Microsoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap sistem operasi Windows XP ini dimana setiap pengguna harus melakukan aktivasi pihak Microsoft pada periode-periode tertentu.
     Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya.


F.     Vista


Sejarah Windows Vista

              Windows Vista adalah versi terbaru Microsoft Windows, sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.

              Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).

              Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001.

Pembangunan

              Microsoft pertama kalinya mengumumkan “Longhorn” pada bulan Juli 2001, bahkan sebelum peluncuran Windows XP pada bulan Oktober tahun yang sama. Pada awalnya, Longhorn diharapkan untuk mulai dijual pada kisaran tahun 2003 sebagai batu loncatan di antara Windows XP dan “Blackcomb” (sekarang dikenal sebagai “Windows 7″). Secara bertahap, “Longhorn” nyatanya dibangun dengan banyak fitur-fitur dan teknologi baru dari “Blackcomb”, sehingga tanggal peluncurannya pun berkali-kali diundur. Microsoft kemudian mengumumkan pada 27 Agustus 2004 bahwa Perusahaan itu melakukan perubahan yang signifikan. Pembangunan “Longhorn” diulang kembali dan didasarkan pada basis program Windows Server 2003. Beberapa fitur yang sebelumnya diumumkan, seperti WinFS, pun dibatalkan.

              Setelah “Longhorn” dinamai menjadi Windows Vista, sebuah uji-beta program dimulai, melibatkan ratusan ribu sukarelawan dan perusahaan. Pada September 2005, Microsoft mulai meluncurkan Community Technology Previews (CTP) secara reguler bagi para penguji-beta. Rilis yang pertama adalah build 5219, didistribusikan bagi undangan yang hadir pada Microsoft Professional Developers Conference (PDC) 2005, dan juga dirilis bagi para penguji Microsoft Beta dan para pelanggan MSDN.
              Dalam CTP-CTP berikutnya, Microsoft telah memperkenalkan banyak rencana-rencana fitur untuk produk finalnya, seperti sejumlah perubahan untuk antarmuka pengguna, yang didasarkan dari usulan balik dari para penguji-beta.

              Windows Vista dianggap telah memiliki fitur yang lengkap dengan peluncuran build 5308 CRT, yang dirilis pada 22 Februari 2006. Pekerjaan yang menunggu para programer Microsoft hingga tanggal akan dirilisnya versi final nanti cenderung difokuskan pada stabilitas, kinerja, kompatibilitas aplikasi dan driver, serta dokumentasi.

              James Allchin dalam sebuah wawancara menyatakan bahwa tidak akan ada versi “Release Candidate” (RC) seperti yang dilakukan pada versi-versi Windows yang sebelumnya. Microsoft sebaliknya hanya akan mengirimkan CTP hingga produk tersebut siap dipasarkan. Hanya saja dalam peluncuran Windows Vista Beta 2 bagi para penguji pada 23 Mei 2006, dan untuk umum pada 7 Juni 2006 melalui Microsoft’s Customer Preview Program (bisa diunduh langsung ataupun dengan memesan DVD), Microsoft memberikan petunjuk bahwa akan ada release candidate untuk Windows Vista dengan menjanjikan sebuah Release Candidate 1 DVD kit untuk yang memesan DVD Beta 2.

              Dalam roadmap Microsoft tampaknya rencana untuk tanggal rilis ke pabrikan adalah pada atau sebelum 25 Oktober 2006.

Fitur-fitur yang baru dan diperbaharui

              Windows Vista memiliki daftar panjang untuk ratusan fitur-fitur baru, fitur-fitur yang diubahkan, dan fitur-fitur yang ditingkatkan kemampuannya. Pada saat ini daftar fitur-fitur tersebut belum dipublikasikan secara lengkap oleh Microsoft. Namun demikian, berbagai fitur yang akan dimasukkan ke dalam Windows Vista tersebut sudah mulai diperkenalkan melalui beberapa publikasi.

Fitur-Fitur End-User

·         Windows Aero: desain baru antarmuka pengguna, singkatan dari Authentic, Energetic, Reflective, and Open. Antarmuka baru ini dimaksudkan agar lebih estetis dan bersih ketimbang tantarmuka Windows sebelumnya, termasuk jendela-jendela transparan, animasi, dan tampilan yang bagus. Animasi pada Windows Aero dapat nampak pada saat aplikasi ditutup, diminimalisasikan, dimaksimalisasikan, dan juga pada tombol rekomendasi.
·         Windows Shell: Windows shell yang baru ini berbeda sekali dengan Windows XP. Sebagai contoh, Start Menu yang telah diubah, bahkan kata “Start” pun telah digantikan dengan tombol Windows “Pearl” biru yang baru.
·         Fasilitas Pencarian (Quick Search):
·         Windows Sidebar:
·         Internet Explorer 7+:
·         Windows Media Player 11:
·         Windows Media Center:
·         Windows Live Show :
·         User Account Control:
·         Windows Firewall With advanced security:
·         Windows Defender:
·         Windows Mail:
·         Windows Update:
·         Parental Control:
·         Windows Sideshow:
·         Speech recognition:
·         New Fonts:
·         Games:
·         Windows Calendar:
·         Windows Photo Gallery:
·         Windows DVD Maker:
·         Windows Collaboration:
·         SuperFetch:
·         ReadyBoost:
·         ReadyDrive:
·         Touchscreen:
·         Problem Reports and Solutions:
·         Virtual Folder:
Teknologi Inti
                  Windows Vista dimaksudkan untuk diluncurkan sebagai produk berbasis-teknologi, sebagai sistem yang solid yang mencakup teknologi-teknologi baru tingkat tinggi. Banyak di antaranya merupakan teknologi yang berkaitan dengan bagaimana sistem berfungsi, yang bekerja di belakang layar dan tidak terlihat oleh pengguna akhir.
·         Pembangunan ulang seluruh arsitektur audio, print, tampilan layar (display), dan stack jaringan
·         Protokol IPv6 yang juga bekerja bersama dengan IPv4
·         Struktur keamanan baru, termasuk BitLocker Drive Encryption
·         Peningkatan kemampuan memory manager dan process scheduler
·         System services dimasukkan sebagai sesi terpisah dan terisolasi, sementara proses User sebagai sesi yang berbeda.
·         Address Space Layout Randomization (ASLR) untuk mencegah serangan Return-to-libc buffer overflow.
·         Kernel Transaction Manager yang baru memungkinkan operasi transaksi atom melintasi berbagai obyek yang berbeda, terutama sekali sistem file (Transactional NTFS) dan operasi registry.
·         Deadlock Detection Technology merupakan teknologi baru yang akan melakukan pengecekan atas kondisi-kondisi deadlock (kebuntuan sistem) untuk pelaporan error Windows.
Teknologi bagi Developer
            .NET Framework 3.0, sebelumnya WinFX, merupakan sebuah set teknologi yang juga ditujukan untuk tersedia bagi Windows XP dan Windows Server 2003. Oleh karenanya teknologi ini bukan merupakan teknologi yang eksklusi hanya untuk Vista, tetapi dirancang selama kurun waktu pembangunan Vista. Alasan agar teknologi ini lebih mudah diperkenalkan ke para developer dan end-user, mungkin menjadi dasar mengapa Microsoft melakukan backport teknologi bagi sistem operasi yang sebelumnya.
            Microsoft menyebut teknologi kunci yang baru dalam versi Windows ini sebagai “The Pillars of Vista” (Pilar-Pilar Vista).
·         Presentasi
           
            Windows Presentation Foundation atau WPF, sebelumnya diberi nama-kode Avalon; adalah sebuah sub-sistem antarmuka pengguna yang baru dan merupakan kerangka-kerja yang didasarkan pada teknologi Direct3D (DirectX) dan grafik vektor-kerja sama antara perangkat keras komputer grafik 3D dengan teknologi Direct3D. Lihat juga Windows Graphics Foundation.

·         Komunikasi

            Windows Communication Foundation atau WCF, sebelumnya diberi nama-kode Indigo; adalah sistem komunikasi berorientasi-servis (service-oriented messaging system) yang mengijinkan program untuk berinteroperasi secara lokal maupun remote mirip seperti service jejaring (web).

·         Workflow

            Windows Workflow Foundation or WF; pertama kali diumumkan pada Agustus 2005, akan mengijinkan transaksi otomatisasi dan terintegrasi dengan menggunakan arus-kerja (workflows).
            Selain itu juga ada pembangunan API (Application Program Interface) baru signikan di dalam inti sistem operasi, khususnya penambahan .NET Framework, pembangunan benar-benar baru bagi arsitektur audio, jaringan, pencetakan (print), dan antarmuka video, perubahan besar dalam infrastruktur keamanan, peningkatan bagi instalasi program aplikasi (“ClickOnce” dan Windows Installer 4.0), model baru untuk device driver (“Windows Driver Foundation”), Transactional NTFS, serta pembaruan besar-besaran bagi banyak sub-sistem inti seperti Winlogon dan CAPI.
            Ada beberapa isu bagi delevoper perangkat lunak dalam menggunakan API grafik di Vista. Games maupun program-program yang dibangun di atas Direct3D Versi 10 milik Vista, tidak akan bekerja di Windows versi sebelumnya, karena Direct3D 10 tidak kompatibel dengan Direct3D 9.
Fitur XP yang dihilangkan
            Beberapa fitur dan komponen Windows XP yang terkenal juga telah digantikan ataupun dihilangkan dari Windows Vista. Mungkin yang paling terlihat signifikan adalah penghilangan Windows Messenger dan MSN Explorer, dan penggantian NetMeeting dengan Windows Collaboration. Windows Vista juga tidak memasukkan tema-visual (visual theme) Windows XP “Luna”. Fitur “Hardware profiles” juga telah dihilangkan, diikuti dengan penarikan dukungan untuk teknologi motherboard lawas seperti EISA bus dan APM.
Fitur-fitur yang ditunda/dibatalkan
·         WinFS adalah nama-kode untuk sebuah sistem file baru dengan sifat relational database yang dibangun di atas sistem NTFS dan SQL Server 2005. Pada bulan Agustus 2006, Microsoft mengumumkan bahwa WinFS batal dimasukkan dalam Windows Vista. Hal ini dikarenakan belum selesainya pengembangan teknologi ini. Microsoft telah mengerjakan teknologi ini sejak pertengahan tahun 1990an. Sedianya, Microsoft akan meluncurkan WinFS secara terpisah dari Vista, tapi pada 23 Juni 2006 kembali diumumkan bahwa Microsoft memutuskan untuk mengintegrasikan beberapa dari fitur yang telah dikembangkan ini dalam versi selanjutnya dari ADO.NET dan SQL Server, secara efektif sekaligus membatalkan proyek WinFS.
·         Sehubungan dengan isu penjadwalan, Windows PowerShell, dengan nama-kode Monad juga tidak akan dimasukkan dalam Windows Vista. Namun demikian, Microsoft telah mengumumkan bahwa fitur ini akan tersedia untuk diunduh secara terpisah dalam kuartal keempat 2006.
·         Arsitektur keamanan Next-Generation Secure Computing Base juga diabaikan dari Windows Vista, dikarenakan masih sedikitnya developer pihak-ketiga untuk mendukung sistem ini.
·         Dukungan untuk Intel Extensible Firmware Interface (semacam sistem BIOS baru) juga dibatalkan karena sedikitnya dukungan untuk komputer desktop.
·         PC-to-PC Sync, sebuah teknologi Peer-to-peer untuk sinkronisasi folder antar komputer-komputer yang menjalankan Vista, juga dibatalkan karena masalah kualitas. Kemungkinan teknologi ini tetap akan dikembangkan di masa depan.
Antarmuka grafis
            Antarmuka baru Vista, Windows Aero, dibangun di atas sebuah mesin baru yang bernama Desktop Window Manager. Windows Aero, juga dikenal sebagai Aero Glass, menambahkan dukungan untuk grafik 3D (dikenal sebagai Flip 3D), jendela transparan, animasi, dan efek visual lainnya. Windows Aero membutuhkan kartu grafis high-end dan kapasitas perangkat keras seperti:
·         memori grafis 64MB direkomendasikan untuk set layar 1024×768, dan 128MB untuk 1600×1200+.
·         minimal 32 bit per pixel
·         3D hardware accelleration yang mendukung DirectX 9.0
·         memori dengan lebar pita (bandwidth) direkomendasikan 2GB/s
·         mampu menggambar ~1.5 juta segitiga/detik, dengan satu jendela hingga ~150 segitiga
·         mendukung driver Windows Display Driver Model (WDDM).
Vista juga menawarkan model Aero lainnya:
·         Mode Standard, adalah varian Windows Aero tanpa tranparan, animasi, dan efek grafis lainnya seperti Flip 3D.
·         Mode Windows Classic, juga tersedia sebagai antarmuka yang paling dasar. Classic memiliki tampilan yang mirip dengan Windows 2000 dan tidak menggunakan Desktop Composition Engine yang baru. Classic memerlukan driver-driver Windows XP Display Driver Model (XPDM) atau WDDM dan kartu grafis yang mendukung Windows 2000.
Kebutuhan perangkat keras
            Menurut Microsoft, komputer yang dapat menjalankan Windows Vista diklasifikasikan sebagai “Vista Capable” dan “Vista Premium Ready
·         Komputer “Vista Capable” memerlukan minimal prosesor 800MHz, 512MB RAM, dan kartu grafis dengan kelas DirectX 9. Namun klasifikasi ini tidak akan mampu untuk mendukung grafis high-end Vista, termasuk antarmuka Aero.
·         Komputer “Vista Premium Ready” memerlukan setidaknya prosesor 1GHz, 512 MB RAM, dan kartu grafis yang kompatibel dengan antarmuka Aero minimal 128MB serta mendukum WDDM yang baru.
            Komputer Vista Capable atau sejenis, memerlukan minimal prosesor dengan kecepatan 800 MHz, Memory 512 MB RAM dan kartu grafis yang mendukung DirectX 9. Komputer jenis ini tidak mampu mendukung grafis high-end Vista, termasuk antarmuka Aero. Sebaliknya Komputer Vista Premium Ready dapat mendukung fitur “high-end” Vista tetapi, sedikitnya diperlukan prosesor 1 GHz , memory utama 1 GB, dan kartu grafis yang kompatibel dengan Aero dengan memory minimal 128 MB dan mendukung Windows Display Driver Model yang baru.

G.    Windows 7


              Windows 7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows VistaWindows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009,  kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista. Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.

Spesifikasi perangkat keras

              Microsoft telah mempublikasikan spesifikasi kebutuhan minimum perangkat keras untuk Windows 7.
Spesifikasi minimal Windows 7 (yang disarankan)[12]
Arsitektur
Kecepatan prosesor
1 GHz 32-bit
1 GHz 64-bit
1 GB
2 GB
Pengolah grafis dengan dukungan DirectX 9 dan WDDM Driver Model 1.0
(tidak terlalu diperlukan, hanya dibutuhkan untuk Windows Aero)
Hard disk (HDD)
Minimal 16 GB
Minimal 20 GB
Drive Room
DVD drive (untuk instalasi dari media DVD)
Persyaratan tambahan untuk bisa menggunakan fitur tertentu:
  • BitLocker memerlukan Trusted Platform Module (TPM) 1.2 dan membutuhkan USB flash drive untuk menggunakan BitLocker To Go.
  • Windows XP Mode memerlukan tambahan memori 1 GB, kapasitas tambahan 15 GB cakram keras, dan CPU yang mendukung virtualisasi perangkat keras, seperti teknologi AMD-V atau Intel VT.
Pembatasan memori
 
              Windows 7 tidak bisa digunakan dengan jumlah memori yang terpasang melebihi kemampuannya. Jumlah ini berbeda di setiap versi Windows 7, dan juga berpengaruh pada arsitektur yang dipakai (apakah 32-bit atau 64-bit).
Pembatasan memori pada Windows 7
Versi
Pembatasan pada 32-bit
Pembatasan pada 64-bit
Windows 7 Ultimate
4 GB
192 GB
Windows 7 Enterprise
4 GB
192 GB
Windows 7 Professional
4 GB
192 GB
Windows 7 Home Premium
4 GB
16 GB
Windows 7 Home Basic
4 GB
8 GB
Windows 7 Starter
2 GB
(tidak ada versi 64-bit)

H.    Windows 8



              Windows 8 merupakan sistem pengendalian keluaran Microsoft bagi kegunaan komputer peribadi, termasuklah komputer meja rumah dan perniagaan, komputer riba, tablet dan PC teater rumah. Ia adalah sebahagian daripada keluarga sistem pengendalian Windows NT serta menggantikan Windows 7.

              Pembangunan sistem pengendalian ini bermula sebelum pelancaran pendahulunya pada tahun 2009. Kewujudannya pertama kali diumumkan pada Januari 2011 semasa Pertunjukan Elektronik Pengguna. Semasa pembangunan dan fasa ujiannya, Microsoft melancarkan tiga versi pra-pelancaran: Previu Pembangun (September 2011), Previu Pengguna (Mac 2012), serta Previu Pelancaran (Mei 2012). Pada 1 Ogos 2012, Windows 8 sudah melepasi peringkat pembangunan dan dilancarkan untuk pengilang. Windows 8 dijangkakan boleh didapati pada 26 Oktober 2012.

              Windows 8 dibina berdasarkan bahasa reka bentuk Metro serta memperkenalkan satu bentuk baharu "perisian gaya Windows 8", yang hanya boleh didapati melalui Windows Store. Windows 8 turut menampilkan skrin Start baharu, Internet Explorer 10, sokongan asli untuk USB 3.0, Windows Defender serba baharu yang menentang perisian jahat, Windows To Go, serta sokongan bagi UEFI SecureBoot, yang turut menimbulkan kontroversi.

              Windows 8 boleh didapati dalam empat edisi utama: Windows 8, Windows 8 Pro, Windows 8 Enterprise, dan Windows RT. Tiga edisi terawal mempunyai keperluan perkakasan yang sama seperti Windows 7. Edisi terakhir pula dijalankan pada komputer tablet dengan seni bina ARM dan mempunyai keperluan perkakasan berbeza. Vendor perkakasan yang sudi menerima pensijilan Microsoft bagi peranti keluaran mereka perlu memenuhi beberapa keperluan pensijilan. Windows 8 Enterprise dan Windows RT tidak boleh didapati di kedai-kedai jualan biasa.

a.      Sejarah pembangunan

1.      Pengumuman awal

Pembangunan Windows 8 bermula sebelum Windows 7 diedarkan pada tahun 2009. Pada Januari 2011, semasa Pertunjukan Elektronik Pengguna (CES), Microsoft mengumumkan bahawa Windows 8 akan menambah sokongan bagi pemproses mikro ARM sebagai tambahan kepada pemproses mikro x86 daripada Intel, AMD dan VIA. Pada 1 Jun 2011, Microsoft secara rasminya mendedahkan antara muka pengguna baharu Windows 8 di samping ciri-ciri tambahan semasa Taipei Computex 2011 di Taipei (Taiwan) oleh Mike Angiulo serta semasa sidang D9 di California (Amerika Syarikat) oleh Julie Larson-Green dan Presiden Windows Microsoft Steven Sinofsky. Sebulan sebelum sidang BUILD diadakan, Microsoft membuka sebuah blog baru dipanggil "Membina Windows 8" untuk pengguna dan pembangun pada 15 Ogos 2011.

b.      Previu Pembangun

 

 





Tampilan paparan Windows 8 Previu Pembangun dijalankan pada sistem berbilang monitor, menunjukkan pelbagai ciri.

Microsoft mendedahkan ciri-ciri baharu Windows 8 serta pembaharuannya pada hari pertama sidang BUILD pada 13 September 2011. Microsoft juga melancarkan Windows Previu Pembangun (binaan 8102) bagi Windows 8 pada hari yang sama, yang turut menyertakan SDK dan peralatan pembangun (seperti Visual Studio Express dan Expression Blend) untuk membangunkan aplikasi bagi antara muka baharu Windows 8. Menurut Microsoft, lebih daripada 500,000 muat turun bagi previu pembangun tersebut dalam masa 12 jam terawal pelancarannya. Previu Pembangun turut memperkenalkan skrin Start. Butang Start pada desktop membuka skrin Start dan bukannya menu Start.

Pada 16 Februari 2012, Microsoft menangguhkan tarikh luput previu pembangun. Asalnya ditetapkan tarikh luputnya pada 11 Mac 2012, kali ini keluaran tersebut ditetapkan semula tarikh luputnya kepada 15 Januari 2013.

c.       Previu Pengguna





     Antara muka baharu File Explorer dalam Windows 8.

Pada 29 Februari 2012, Microsoft melancarkan Windows 8 Previu Pengguna, versi beta bagi Windows 8, binaan 8250. Buat pertama kalinya sejak Windows 95, butang Start kini tiada lagi pada palang tugasan, walaupun skrin Start masih boleh dibuka dengan mengklik penjuru bawah kiri skrin serta dengan mengklik Start pada palang Azimat. Presiden Windows Steven Sinofsky berkata lebih daripada 100,000 perubahan telah dilakukan sejak versi pembangun mula diedarkan kepada umum. Pada hari selepas pelancarannya, Windows 8 Previu Pengguna sudah dimuat turun lebih sejuta kali. Seperti Previu Pembangun, Previu Pengguna ditetapkan tarikh luputnya pada 15 Januari 2013.


I.      Linux Dan Sejarahnya
 











Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangat populer untuk computer, Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux (Linux distribution), yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi. Contoh program tersebut adalah server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (Desktop Environment) (seperti GNOME dan KDE), dan aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric. Distro Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi popularitas, sehingga lebih populer dari versi UNIX yang menggunakan sistem lisensi dan berbayar (proprietary) maupun versi UNIX bebas lain yang pada awalnya menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa sisi. Linux mendukung banyak perangkat keras komputer, dan telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, superkomputer dan sistem benam (embedded system), seperti telepon seluler (Ponsel) dan perekam video pribadi. Pada awalnya, Linux dibuat, dikembangkan, dan digunakan oleh peminatnya saja. Kini Linux telahmendapat dukungan dari perusahaan besar seperti IBM dan Hewlett- Packard. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan ini dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence),biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX proprietari, serta faktor keamanan dan kestabilannya dibandingkan dengan Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).
Linux ini disebarkan secara luas dengan gratis di bawah lisensi GNU General Publi License (GPL), yang berarti source code Linux juga tersediabagi publik. Linux dikembangkan oleh perorangan maupun kelompok yang bekerja secara sukarela. Para pengembang Linux memanfaatkan jaringanInternet untuk melakukan tukar-menukar kode, melaporkan bug, dan membenahi segala masalah yang ada. Setiap orang yang tertarik biasanya bergabung dalam pengembangan Linux ini.
Pengembangan Linux pertama kali dilakukan oleh Linux Benedict Torvalds pada tahun 1991 di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan pakar UNIX di Internet. Linux ini bisa diperoleh dari beberapa distribusi yang umum digunakan, misalnya RedHat, Debian, Slackware, Caldera, Stampede Linux, TurboLinux dan lain-lain.

J.     Pengertian Mac OS
 












Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.
Macintosh Operating System atau sistem operasi Macintosh adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan komputer notebook Apple Macintosh. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakanGraphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill AtkinsonJef Raskin dan Andy Hertzfeld. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos di ciptakan. Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7″. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri. Awalnya Apple juga sengaja menembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.

Mac OS terdiri dari 2 bagian besar yaitu Mac OS Klasik dan Mac OS X.

Mac OS “Klasik” adalah sistem yang mula-mula dikeluarkan untuk Mac yang pertama pada tahun 1984 hinggalah Mac OS 9. Sistem Operasi Macintosh ini pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7“. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox”. Sistem 7.5.1 merupakan sistem pertama yang memasukkan logo Mac OS (muka tersenyum (smiley face) biru). Mac OS 7.6 (yang dikeluarkan pada 1996) merupakan sistem pertama yang dinamakan Mac OS karena bentuknya “klon-klon” Mac, sistem yang hampir sama dengan perusahaan – perusahaan lain seperti Power Computing dan Motorola, dan Apple hendak memberitahu dengan jelas bahwa sistem operasinya merupakan hak milik intelektualnya sendiri. Mac OS klasik dikenali sebagai satu sistem yang tidak mempunyai baris perintah (command line); merupakan sistem yang menggunakan antara muka pengguna grafik (IU) sepenuhnya. Mac OS juga merupakan OS yang memperkenalkan.Sistem File Hierarki (Hierarchical File System) seperti pada UNIX dan Linux.
Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain. Rilis terakhir Mac OS diluncurkan sekitar bulan Mei 2005 dengan kode Tiger dengan versi 10.4.


Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple.

 Di bawah ini adalah sekilas perkembangan Mac OS:


1.      System 0.0-1.1, diperkenalkan pada tahun 24 Januari 1984

Mac OS pertama dirilis, dengan nama System 1. Apple membuat OS ini sebagai satu-satunya OS di masa itu sepenuhnyaGUI. Sejak saat itu, GUI menjadi pionir akan perkembangan OS lain.Meskipun sangat dibatasi oleh standar sekarang, itu mengejutkan menggunakan commandline-dunia tahun 1980-an. Menggunakan konsep-konsep yang dibeli dari Xerox bersama dengan konsep Apple sendiri, sistem ini meletakkan dasar layout GUI / aturan bagi banyak OS yang akan datang. Karena Macintosh asli adalah satu-satunya perangkat keras yang akan menjalankan Mac OS, itu hanya terpasang di Mac dan tidak pernah dibagikan.

2.      Januari 1986

System 3 dirilis, dan di OS ini, file system ala hirarki (seperti di Mac OS dan Linux saat ini) diperkenalkan.

3.      System versi 2.0-5.x, diperkenalkan antara tahun 1985 dan 1987

Satu-satunya fitur baru terkenal adalah MultiFinder, yang memungkinkan lebih dari satu aplikasi yang akan terbuka sekaligus, sehingga apa yang dikenal sebagai “koperasi” multitasking yang bertentangan dengan metode konvensional hanya membuka satu program pada satu waktu. Single-Task Finder masih ditawarkan bagi mereka yang lebih suka itu.

4.      System 6, diperkenalkan pada tahun 1988

System 6 terlihat hampir sama dengan nenek moyangnya, tetapi memperkenalkan beberapa hal-hal kecil. Sebagian besar perubahan dalam revisi ini adalah “Under The Hood” dan tidak jelas bagi pengguna rata-rata.

5.      System 7, diperkenalkan pada tahun 13 Mei 1991

System 7 ini adalah salah satu OS dari Apple yang memiliki masa pakai cukup lama, dari 1991 sampai 1997.System 7 merupakan terobosan pertama dalam beberapa revisi dan penambahan fitur yang besar. Ini adalah versi pertama Mac OS dengan warna titlebars / scrollbars. Ini benar-benar membuang proses jadul single-process finder dan membuat MultiFinder Finder. OS ini juga menggunakan ikon 256-warna yang lebih bagus, serta dukungan untuk lebih multimedia dengan dukungan Quicktime dan meningkatkan konektivitas internet.

6.      System 7.5 diperkenalkan pada tahun 1994

System 7.5 sebagian besar sama dengan 7, tetapi memiliki sejumlah perbaikan, yaitu stabilitas dan konektivitas internet. AppleTalk juga diperkenalkan di 7.5. System 7.5.3, untuk meng-update 7.5, adalah OS pertama yang dirujuk sebagai “Mac OS”, bukannya “System” di beberapa tempat, terutama pada layar startup.
7.      Januari 1997

Mac OS 7.6 dirilis. OS ini adalah Mac pertama yang menggunakan nama Mac di depannya setelah sebelumnya hanya “System” dan angka rilis.

8.      22 Juli 1997

Mac OS 8 dirilis, cukup singkat antara versi 7.6 dan 8 ini. Di versi ini juga sebagai penanda akan kembalinya Steve Jobs di Apple setelah sebelumnya dia dipecat. Mac OS 8 terjual sebanyak 3 juta kopi dalam enam bulan saja.

9.      System 7.6, diperkenalkan pada tahun 1997

System 7.6 adalah sistem pertama disebut sebagai Mac OS di layar startup. Itu merupakan beberapa fitur kecil, tapi sebagian besar sama dengan 7.5. System 7.6.1 memasukkan interface baru “Platinum”, yang dicangkokkan pada proyek dari Apple Copland.

10.  Mac OS 8.5, diperkenalkan pada tahun 1998

Mac OS 8 ditingkatkan di hampir semua bidang. Ini termasuk perbaikan ikon 32-bit platinum dan sistem tema baru yang memungkinkan pengguna untuk memilih interface yang disukainya, dan juga termasuk Sherlock, sebuah program untuk mencari di internet dan file lokal. Ini adalah rilis pertama dari Mac OS yang tidak mendukung Mac 68k.

11.  Mac OS 9, diperkenalkan pada tahun 23 Oktober 1999

Mac ini dipandang oleh Apple sebagai OS transisi dari versi 8 ke versi OS X. Mac OS 9 adalah Mac OS 8.6 dengan beberapa perbaikan bug dan Sherlock 2. Sementara kemampuan tema masih ada, semua tema selain Platinum dipindahkan dari instalasi default. Ini adalah versi Mac OS yang pertama kali dirilis untuk mendukung beberapa pengguna.

12.  Mac OS X Public Beta diperkenalkan pada tahun 2000

Mac OS X Public Beta merupakan tempat menguji Apple OS yang terbaru, yang disebut Mac OS X, yang didasarkan pada NeXTSTEP, sebuah sistem operasi yang diproduksi oleh perusahaan NeXT yang baru-baru ini dibeli Apple. OS ini menggunakan GUI baru dijuluki “Aqua” dan disertai dengan banyak fitur yang ada di Mac OS rilis sebelumnya. Mac OS X bekerja di atas sebuah varian UNIX BSD disebut Darwin daripada core klasik Mac OS. Karena dasar UNIX ini, hal itu memperbolehkan Mac OS untuk memiliki multitasking sejati untuk pertama kalinya. Karena OS ini beta, OS ini bermasalah dan agak tidak stabil.

13.  Mac OS X 10.0 “Cheetah”, diperkenalkan pada tahun 24 Maret 2000

Versi terpopuler Mac diluncurkan. Mac kali ini bernama Mac OS X. Mac versi ini membawa perubahan desain besar, utamanya adalah apa yang dikenal dengan Aqua, tampilan khas Mac yang membuat Mac terlihat semakin elegan dan modern .banyak perubahan dari OS X Public Beta dan ditambahkan/diubah banyak fitur sebagaimana yang diminta oleh para pengguna Public Beta. Walaupun masih bermasalah, OS ini jauh lebih stabil daripada versi beta.. Versi ini juga debut dari aplikasi terpopuler Mac, yaitu Dock. Kode nama Mac OS X ini adalah Cheetah. Mac OS X 10.0 adalah rilis resmi pertama dari Mac OS X.

14.  Mac OS X 10.1 “Puma”, diperkenalkan pada tahun 2001

 Mac OS X 10.1 merupakan suatu rilis bugfix, tetapi Apple berhasil untuk menambahkan beberapa fitur kecil seperti posisi [I]docking[/I]. Ini adalah upgrade gratis bagi siapa saja yang membeli Mac OS X 10.0

15.  Mac OS X 10.2 “Jaguar”, diperkenalkan pada tahun23 Agustus 2002

Kode nama  Mac OS X 10.2 ini adalah Jaguar. Mac OS X 10.2 adalah update besar-besaran, yang memperbaiki ratusan minor bugs, sangat meningkatkan stabilitas, dan umumnya mempercepat seluruh sistem. Aqua menerima makeover kecil di dalamnya, dan beberapa fitur ditambahkan. Kebanyakan menganggap Mac OS X 10.2 sebagai rilis pertama dari OS X yang benar-benar dapat digunakan. Mac OS X 10.2 akan menjadi Mac OS yang terakhir untuk menggunakan Microsoft Internet Explorer sebagai browser default.

16.  Mac OS X 10.3 “Panther”, diperkenalkan pada tahun 2004

Mac OS X 10.3 adalah update yang luar biasa; Banyak memandangnya sebagai  upgrade yang paling signifikan ke OS X sampai saat ini. OS ini memakai banyak fitur yang berguna seperti Expose, FileVault, Fast User Switching, iChat AV, dan Finder yang diupdate. Ini juga merupakan update besar untuk Aqua, memberikan yang jauh lebih halus. Versi akan menjadi Mac OS yang terakhir untuk bundel Microsoft Internet Explorer.

17.  Mac OS X 10.4 “Tiger”, diperkenalkan pada tahun 29 April 2005

Mac OS X 10.4 atau dengan kode nama Tiger dirilis. Tiger adalah versi Mac yang sangat ditunggu kedatangannya dan populer. Buktinya adalah terjualnya sebanyak 2 juta kopi dalam jangka enam minggu saja. Tiger juga menjadi Mac pertama dengan menggunakan Intel setelah sebelumnya menggunakan PowerPC. Mac OS X 10.4 memakai fitur-fitur baru seperti Dashboard, Core Image, Safari 2.0, dan all improved Mail. Mayoritas perubahan yang “Under the Hood”, membersihkan, mempercepat, dan memperbaiki hampir setengah dari kerangka yang mendasarinya. Salah satu upgrade yang terlihat besar adalah Spotlight, sebuah alat pencarian baru yang revolusioner yang mencari melalui bagian dalam file dan metadata mereka secara sangat cepat, sebagai lawan pencarian nama file ortodoks. Aqua juga menerima update kecil dalam rilis ini. OS ini akan menjadi Mac OS X yang pertama dirilis publik yang memiliki varian x86 (Intel).


18.   Mac OS X v10.5 “Leopard” ini dirilis pada 26 Oktober 2007

 Mac OS X 10.5 atau versi Leopard dirilis. Selain itu ada beberapa perubahan di Leopard ini, yaitu Cover Flow di Finder, dan fitur yang menjadi jualan utama, yaitu Time Machine. OS ini disebut oleh Apple “update terbesar dari Mac OS X”. Ini membawa lebih dari 300 fitur baru. Leopard mendukung PowerPC-dan Intel x86 berbasis komputer Macintosh, tetapi dukungan untuk prosesor G3 dilepas dan diperlukan prosesor G4 minimum tingkat clock 867 MHz, dan setidaknya 512 MB RAM yang akan diinstal.

19.   Mac OS X v10.6 “Snow Leopard”, dirilis pada 28 Agustus 2009

Daripada memberikan perubahan besar tampilan dan fungsionalitas pengguna akhir seperti rilis sebelumnya Mac OS X, Snow Leopard berfokus pada perubahan “Under the Hood”, meningkatkan kinerja, efisiensi, dan stabilitas sistem operasi. Untuk kebanyakan pengguna, perubahan yang paling terlihat adalah: ruang disk yang membebaskan sistem operasi setelah menginstal yang bersih dibandingkan dengan Mac OS X 10.5 Leopard, Finder yang lebih responsif, Time Machine backup yang lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan user friendly [I]disc-ejects[/I], versi yang lebih kuat dari aplikasi “Preview”, serta browser web Safari yang lebih cepat.

20.   20 Juni 2011

 Mac OS X 10.7 dirilis. Kode nama untuk Mac ini adalah Lion. Selain itu ada integrasi yang lebih baik antara iOS dan Mac. Selain itu, Lion menjadi Mac pertama yang bisa diunduh di App Store seharga $29. Fitur yang ada di Lion ada sekitar 250 fitur baru dan diperbarui.

21.  16 Februari 2012

Mac OS X 10.8 diumumkan. Kode nama kali ini adalah Mountain Lion. Beberapa fitur yang ada di sini adalah adanya iMessage, lalu integrasi dengan Twitter dan dukungan lebih baik terhadap iCloud.


Fitur-fitur Mac OS

Dari perdebatan masalah perbedaan dari Windows dan Macintosh sepertinya tidak pernah berhenti begitu saja, mereka selalu mengklaim bahwa sistem operasi lawan mereka telah mencuri fitur yang dibuatnya dan sepertinya ini menjadi topik hangat yang selalu menarik untuk dibahas.Walaupun pada kenyataannya, kedua OS ini memang menggunakan aplikasi inti yang berbeda. namun persamaan fitur yang ada didalamnya membuatnya menimbulkan diskusi dinamis diantara para penggunanya. Dari info yang didapat telah membuat 10 buah daftar fitur dimana Apple telah mencurinya dari Microsoft dan beriku t adalah fitur-fitur tersebut.

1.      Finder Sidebar: Windows Navigation pan
Seperti pada Windows Navigation pane, Fin der Sideba r milik Mac berada pada bagian kiri jendela folder menyediakan ikon hierarki dar i folder lain untuk navigasi, selain itu kita dapat mengakses semua folder yang ada pada koputer.Fitur Finder Sidebar ini telah ada pada Mac versi 10.3 Panther, dua tahun setelah Windows Navigation Pane muncul pada sistem operasi Windows, namun Microsoft tidak menggunakan ikon segitiga tapi menggunakan tanda [+] dan [-] untuk membuka hierarki folder tersebut.

2.       The Mac Path Bar: Windows Address Bar

Mac OS X 10.5 Leopard menambahkan Path opsional bar di bagian bawah jendela untuk menampilkan folder path dari setiap file atau folder yang dipilih. Dengan melakukan double-klik pada salah satu folder dalam path akan membuka folder itu. Tarik (atau Option-drag) file untuk memindahkan atau menyalin ke salah satu folder dalam path. Fitur ini pertama kali muncul dengan nama Windows Address bar pada sistem oeprasi Windows Vista, telah muncul hampir setahun sebelum Leopard dirilis dan dilepas kepasaran. Versi Windows sedikit lebih fungsionalitas, karena kita dapat mengklik panah di sebelah ke salah satu folder dalam path untuk mendapatkan apa yang ada di dalamnya.

3.      Tombol navigasi Back dan Forward pada jendela folder

Microsoft pertama kali menempatkan tombol Back dan Forward ini pada browser Internet Explorer, namun ternyata fitur tombol ini juga muncul pada jendela folder Windows Explorer di sistem operasi Windows 2000, sementara Apple hanya menambahkan tombol Back pada sistem operasi Mac OS X, sedangkan tombol Forward pada Mac baru muncul ketikaApple merilis Mac.

4.      Meminimalisir aplikasi yang terbuka kedalam ikon aplikasi pada taskbar

Mac OS X Leopard Snow 10,6 memiliki fitur untuk meminimalkan aplikasi yang sedang terbuka dan menyembunyikannya ke dalam Dock, sementara Windows juga telah memiliki fitur ini jauh hari sebelumnya dengan menyembunyikan aplikasi pada taskbar.

5.       Screen Sharing: Remote Desktop Connection

Dalam sistem operasi Mac OS X 10.5 Leopard, Apple memiliki fitur yang mungkin jarang diketahui banyak pengguna, namun fitur ini sangat berguna, yakni Screen Sharing (yang bisa ditemukan di / System / Library / CoreServices /), fitur ini juga dapat digunakan pada aplikasi iChat, dengan fitur ini pengguna Mac dapat menampilkan dan mengontrol layar komputer lain yang menggunakan sistem operasi Mac OS 10.4 atau lebih baru. Sementara fitur ini sudah ada pada Windows XP dengan nama Remote Desktop Connection, bahkan Microsoft membuat aplikasi Remote Desktop Connection ini untuk Mac sebelum Apple mebuat fitur ini pada Leopard.


6.      Time Machine: Backup and Restore

Sebenarnya Apple tidak mencuri fitur Time machine yang ada pada Windows namun konsep yang dipakai oleh Macintosh ini sama dengan konsep yang dipakai oleh Windows dengan fitur backUp and Restore-nya. Fitur Time Machine yang ada pada Mac OS X 10.5 merupakan fitur yang sangat mudah untuk melakukan backup dan mengembalikan sistem kedalam keadaan semula. Windows telah memiliki fitur ini jauh sebelum Apple merilis Mac OS X 10.5., karena fitur ini sudah ada dalam Windows XP.

7.      System Preferences: Control Panel

Sebelum Mac OS X ada, Apple menyimpan fitur ini pada sebuah file terpisah yang disebut panel kontrol. Microsoft menggunakan nama yang sama namun menjadikan setting control panel ini berada pada sebuah tempat yang terkumpul sehingga mudah diakses. Pada Mac OS X 10.0 Cheetah, Apple mencuri ide milik Microsoft ini namun mengganti namanya menjadi System Preference, berbeda dengan Control Panel milik Microsoft, Apple tidak membuka System Preference dalam jendela yang terpisah namun menggunakan antar muka yang lebih sederhana.

8.       ActiveSync dan Exchange 2007 support

Pada aplikasi Exchange Server Mac menjadi aplikasi yang tidak begitu menjadi prioritas, tapi mac OS X 10.6 Snow Leopard telah menambahkan dukungan terhadap Exchange Server seperti sinkronisasi penjadwalan, kalender, kontak dan layanan e-mail. Namun sepertinya Microsoft juga tidak mau kalah dengan hal tersebut dengan menghadirkan aplikasi Outlook untuk Mac dua minggu sebelum Snow Leopard dirilis kepasaran.

9.      Command-Tab: Alt-Tab

Sejak tahun Windows 3 keluar pada dekade 1990-an, fitur Alt-Tab telah muncul pada Windows, fitur ini digunakan untuk berpindah aplikasi yang sedang terbuka secara cepat. Apple menambahkan fitur ini dengan menggunakan fungsi tombol Command-Tab yang dijejalkan pada Mac OS X 10.3 Panther 2003. Pada versi sebelumnya Apple menggunakan fitur inidengan membuat sebuah ikon menu secara horizontal. Namun belakangan Apple menambahkan fungsionalitas lebih dengan fitur ini yakni dengan mengguakan tombol Command dan tanda panah, sementara Microsoft juga mengikutinya dengan menambahkan fitur ini pada Vista. Microsoft juga menambahkan preview dari jendela itu sendiri dengan fitur flip 3D pada tema Aero di Vista.

10.  Terminal: Command Prompt

Para pengguna komputer jaman dulu pasti ingat, ketika Windows pertama kali menggunakan antarmuka grafis (GUI) dimana itu dijala nkan diatas progra MS-DOS, sebuah sistem operasi yang dijalankan denga n menggunakan perintah test secara ditulismelalui Command Prompt. Saat ini Com mand Prompt bukanlah DOS, namun berupa baris perintah yang bisa diberikan secara manual untuk Windows. Apple juga memiliki fungsi ini pada mac versi pertama hingga 9, namun belakangan mac menambahkan fungsi ini berupa sebuah ikon yang bernama Terminal yang menyediakan akses penuh terhadap system degan menggunakan perintah teks Unix. Pada tahun 2006 Microsoft merilis Windows PowerShell yang menyertakan sebuah bahasa pemrograman yang mendukung bahasa perintah bash (pada Unix).


Keunggulan dan kekurangan Mac Os Mancintosh Operating System. Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.


·         Lebih stabil karena menggunakan UNIX.
·         Multitasking.
·         Bisa mengenal file format windows.
·         Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia.
·         Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
·         Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak.
·         Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data.
·         Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
·         Lebih stabil
·         Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus.
·         Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
·         Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.
·          

·         Mahal
·         Hanya cocok untuk graphic designer
·         Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang    tidak menggunakan sistem Mac OS
·         Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
·         Software di Mac OS tidak begitu lengkap
·         Kurang cocok untuk aplikasi server dan game
·          
PROGRAM STANDAR MAC OS

Office Suites / Applications
1)      Microsoft Office for Mac
2)      Open Office for Mac
3)      NeoOffice
4)      FreeMind

RSS Readers
1)      NetNewsWire
2)      Vienna
3)      RSSOwl
4)      Sage

File-transfer Clients
1)      Transmit
2)      Cyberduck
3)      Fugu
4)      Transmission - untuk BitTorrent
5)      Bits on Wheel - untuk BitTorrent
6)      Amule - Program file sharing P2P (Peer to Peer)

Graphic/Image Browsers & Editing
1)      ViewIt
2)      GIMPshop
3)      Paparazzi!
4)      iView Media Pro



Instant Messaging
ICQ, MSN dan Yahoo Messenger memiliki versi Mac dari aplikasi IM mereka. Yang terdaftar di bawah ini adalah aplikasi lain yang mempunyai kemampuan untuk memasuki network IM yang sudah ada.
1)      AdiumX
2)      Skype for Mac
3)      Amsn

Multimedia
1)      VLC for Mac
2)      MPlayerOSX
3)      iEatBrainz
4)      Max
5)      iSquint
6)      ID3Mod
7)      WireTap version 1.0
8)      DivX for Mac
9)      XiphQT
10)  ipodDisk
11)  Senuti
12)  Real Player

System/Disk Utilities

1)      OnyX
2)      Applejack
3)      Little Snitch
4)      Stuffit Expander
5)      Teleporter
6)      Split&Concat
7)      RarMe
8)      UnRarX
9)      Rename4Mac
10)  Rember
11)  Disk Inventory X
12)  Memtest OS X

Web Browsers
1)      Mozilla Firefox for Mac
2)      Camino
3)      Shiira
4)      Flock

Downloader  
1)      iGetter
2)      Speed
3)      jDownloader





















BAB III
PENUTUP
a.     Kesimpulan

Kesimpulannya bahwa ternyata di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi, terdapat berbagai macam Windows dan system operasi. Bukan hanya window Xp, Vista, windows 7, dan Windows 8. Kenyataannya masih ada windows sebelum windows – windows yang disebutkan.































DAFTAR PUSTAKA


Ø  Sejarah windows vista   Warta Warga
Ø  Sejarah windows vista   Warta Warga
Ø  Informatika  Sejarah Windows 98
Ø  IT's MiNe » Sejarah Windows 98
Ø  Mengenal Windows 2000 « Untuk Hidup yang Lebih Baik..!!!
Ø  Sejarah dan Perkembangan Mac OS
Ø  Sejarah dan Perkembangan Mac OS
Ø  sejarah windows  windows 2000.
Ø  Sejarah Mac OS

.
Share this article :